Cara Melacak Hp yang Hilang dengan IMEI (4 Langkah)

AndroidGaul.info – IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor identitas suatu ponsel. Tentu saja setiap ponsel memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Nomor IMEI sendiri terdiri dari 15 hingga 16 digit angka dan biasanya tertera di baterai atau casing dalam ponsel.

Namun ternyata masih banyak pengguna ponsel yang belum mengetahui apa fungsi dari nomor IMEI ini. Padahal IMEI bisa berguna untuk melacak ponsel Kamu yang hilang. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya beirkut ini.

Cara Melacak HP yang Hilang Menggunakan IMEI dengan Mudah

Ada beberapa tahapan yang harus Kamu lakukan jika ingin melacak ponsel Android dengan IMEI. Cara ini hanya bisa bekerja jika Kamu mengetahui berapa nomor IMEI ponsel Kamu.

Oleh karena itu, ada baiknya jika sekarang Kamu mulai mencatat berapa nomor IMEI ponsel. Sehingga jika sewaktu-waktu ponsel Kamu hilang, cara melacak HP dengan IMEI ini bisa dilakukan.

Find My Device

Langsung saja, berikut cara menggunakan IMEI untuk melacak ponsel yang hilang:

  1. Untuk mengetahui nomor IMEI bisa dengan kode dial up *#06#, lalu klik panggil. Bisa juga dengan masuk ke menu Settings > About Phone > Status. Disini akan muncul keterangan nomor IMEI, type perangkat, merk ponsel, provider yang digunakan, terakhir digunakan dan kapan didaftarkan.
  2. Lanjutkan dengan mengunduh aplikasi pelacak nomor IMEI, salah satunya adalah Find My Device yang cukup populer digunakan untuk melacak nomor IMEI. Jika sudah dipasang, buka aplikasi dan masukan nomor IMEI yang sudah diketahui tadi.
  3. Untuk memulai identifikasi, Kamu bisa menekan tombol play sound dan aplikasi akan bekerja untuk melacak keberadaan ponsel. Hanya bisa bekerja jika GPS di ponsel Kamu selalu aktif.
  4. Aplikasi akan menunjukkan titik lokasi dimana ponsel Kamu berada. Untuk menghindari kecurigaan dari si pembawa HP, sebaiknya tidak melakukan dering terlalu sering. Jika sudah dekat dengan lokasi, Kamu bisa deringkan ponsel sekeras mungkin agar mengetahui dimana posisi HP Kamu berada.

Cara ini sangat ampuh untuk menemukan ponsel yang hilang jika syarat-syarat yang sudah dijelaskan sebelumnya terpenuhi. Selain itu, pastikan bahwa ponsel Kamu memiliki daya baterai yang cukup agar tidak mati selama proses pencarian. Karena jika ponsel dalam keadaan mati maka GPS menjadi tidak aktif sehingga ponsel sulit untuk dilacak.

Jika memang Kamu tidak bisa menemukan ponsel Kamu yang hilang, Kamu bisa menghapus seluruh data-data di ponsel hanya dengan satu kali klik melalui aplikasi Find My Device. Karena aplikasi ini juga dapat mengontrol data-data di ponsel Kamu yang sudah terdaftar IMEI-nya.

Baca juga : Tutorial Menggunakan GPS / Google Maps Android

Nah, jadi begitulah cara melacak HP dengan nomor IMEI. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kalian yang mengalami masalah ponsel hilang.