Cara Hard Reset Oppo Lupa Password (Semua Tipe)

AndroidGaul.info – Lupa password, lupa pola atau ponsel yang mengalami bootloop, pasti bingung dan panik dong? Memang hal seperti ini sangat lumrah dialami para pengguna ponsel pintar seperti Android.

Cara Hard Reset Oppo Lupa Password

Sebagian besar pengguna sudah pasti panik jika mengalami masalah seperti ini sehingga diantara mereka memilih untuk segera ke counter service ponsel terdekat.

Padahal Kamu masih bisa loh mengatasi masalah ini sendiri tanpa harus ke tukang service, termasuk jika masalah tersebut terjadi pada ponsel OPPO. Bagaimana caranya? Nah, dalam artikel kali ini Kami akan mengulas cara hard reset OPPO semua tipe.

Apa Itu Hard Reset Pada Oppo?

Sebelum membahas bagaimana cara hard reset ponsel OPPO, mungkin Kamu perlu memahami dulu apa itu hard reset dan apa fungsinya. Pada dasarnya hard reset adalah mengembalikan kondisi ponsel ke pengaturan pabrik.

Secara sistem, semua data-data akan dihapus total dan dibersihkan sehingga ponsel akan menjadi seperti baru lagi. Hard reset sangat ampuh untuk mengatasi ponsel yang bermasalah, seperti lupa password, hang atau mati total.

Sebagai catatan, sebelum Kamu memulai untuk melakukan hard reset, sebaiknya lakukan back up data terlebih dahulu jika memang ponsel masih memungkinkan untuk dibuka.

Namun jika memang tidak bisa melakukan back-up karena ponsel yang mati, maka Kamu harus siap untuk kehilang semua data-data di smartphone OPPO Kamu termasuk kontak, pesan, aplikasi dan file-file lainnya.

Tutorial Hard Reset Oppo Lupa Password Agar Kembali ke Pengaturan Awal

Langsung saja, berikut ini cara hard reset pada ponsel OPPO yang bisa Kamu praktikkan sendiri tanpa harus ke konter servis.

  1. Matikan ponsel OPPO Kamu, jika dalam keadaan mati total atau bootloop, Kamu bisa melepaskan baterai ponsel kemudian memasangnya kembali. Namun jika baterainya jenis baterai tanam, maka biarkan saja. Yang penting ponsel dalam keadaan mati.
  2. Jika ponsel OPPO Kamu sudah dalam keadaan mati, coba tekan tombol Volume Bawah + Tombol Power secara bersamaan dalam beberapa detik.
  3. Kamu akan dibawa ke menu Recovery Mode OPPO. Dalam mode ini, Kamu bisa menggunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk memilih. Untuk jenis OPPO yang terbaru bisa menggunakan touchscreen-nya.
  4. Jika sudah masuk ke menu recovery, pilih bahasa English. Selanjutnya akan muncul beberapa opsi yakni Wipe data and cache, reboot, power off dan system file verification. Kamu bisa memilih Wipe data and cache. Biasanya pada ponsel OPPO produk terbaru opsinya menjadi Wipe all data and removable application.Wipe data and cache
  5. Tunggu hingga proses wipe data dan cache selesai, hingga muncul notifikasi Data and cache wiped successfully. Jika sudah muncul notif ini, maka ponsel OPPO Kamu sudah berhasil di reset.
  6. Langkah terakhir, pilih “Reboot” dan tekan “OK”. Ponsel akan melakukan booting selama 2-3 menit.
  7. Selesai.

Kamu akan diminta untuk melakukan setup/setting bahasa, jaringan, wilayah dan pengaturan-pengaturan dasar lain untuk kembali menggunakan ponsel.

Nah, demikian itu cara melakukan hard reset pada ponsel OPPO. Cara ini sangat ampuh untuk mengembalikan peforma ponsel OPPO Kamu agar menjadi layaknya ponsel nbaru.

Hard reset juga bisa menjadi solusi untuk ponsel Kamu yang mengalami serangan virus atau malware. Karena hard reset akan membersihkan internal ponsel Kamu hingga ke akar-akarnya. Silahkan dibuktikan sendiri dan semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mengalami masalah pada ponsel OPPO.