5 Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu Agar Tidak Tertipu Barang KW

AndroidGaul.info – Saat ini banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memalsukan handphone xiaomi demi meraih keuntungan. Saat membeli hp xiaomi lebih baik beli di tempat resminya. Karena itu lebih aman daripada membeli secara online.

5 Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu Agar Tidak Tertipu Barang KW

Banyak sekali kejadian saat kalian membeli barang online yaitu gambar dan diskripsi produk yang ditampilkan asli, namun setelah barang dikirim akhirnya sangat berbeda atau bahkan barang kw (BNB) yang dikirim.

Palsunya handphone xiaomi yang dibeli akan mempengaruhi kinerja dari hp tersebut. Penting untuk mengecek hp xiaomi palsu atau asli yaitu dengan cara cek hp xiaomi asli atau palsu di bawah ini.

5 Cara Mengetahui Hp Xiaomi Asli atau Palsu

1. Cek IMEI

Untuk dapat mengecek IMEI ini bisa masuk ke website resmi xiaomi. Kemudian login dengan menggunakan id xiaomi yang ada di dus. Maka di layar akan muncul deretan nomor IMEI, lalu cocokkan dengan IMEI yang terdapat di dus xiaomi.

Jika sama maka hp tersebut asli, tetapi jika tidak sama maka palsu. Atau bisa dengan cara mengarahkan ponsel ke kode QR hingga selesai. Lalu jika sudah selesai maka situs web tersebut akan memberikan informasi yang diinginkan.

Apakah handphone xiaomi yang sudah diuji asli atau malah sebaliknya. Tetapi sayangnya fitur tersebut hanya dapat bekerja untuk merk xiaomi terbaru saja, seperti Mi4 dan Mi4i.

Selain cek IMEI juga cocokkan serial numbernya. Pastikan kedua informasi tersebut sudah sesuai dan cocok dengan yang ada di kardus hp xiaomi.

Banyak kasus setelah membeli xiaomi dan ingin mengeceknya dengan cara tersebut. Ternyata nomor IMEI perangkat memang sudah sesuai dengan dusnya, tetapi serial numbernya tidak sama.

Hal tersebut berarti handphone xiaomi tersebut adalah palsu. Caranya adalah dengan masuk ke bagian pengaturan di handphone. Lalu klik about phone, dan pilih IMEI.

2. Mencocokkan Sistemnya

Perangkat xiaomi yang dirilis menggunakan MIUI, lalu akan terdapat nama tampilan antarmuka buatan xiaomi. Tetapi jika yang tertulis masih Beta, ada kemungkinan jika itu adalah perangkat yang palsu.

Dan untuk mencari tahu perangkat MIUI yang asli, bisa mencarinya di internet. Jika tidak ditemukan hal tersebut bisa jadi handphone xiaomi palsu. Dalam pengecakan system operasinya juga bisa melalui aplikasi yang bisa didownload di playstore.

3. Menggunakan Kode Dial Up

  • Salah satu cara cek hp xiaomi asli atau palsu adalah dengan cara menggunakan dial up.
  • Pertama tama buat menu panggilan pada handphone xiaomi.
  • Lalu masukkan kode *#*#64663#*#*. Saat selesai menekan kode tersebut maka akan secara otomatis muncul hardware test.
  • Ada banyak pilihan yang dapat diuji untuk membuktikan apakah handphone xiaomi asli atau palsu.
  • Cocokkan spesifikasi yang telah dipilih lalu cocokkan dengan dus handphone.

4. Lihat Fisik HP Xiaomi

Umumnya cara ini cukup mudah untuk dilakukan, bahkan bisa dilakukan saat berada di counternya. Caranya adalah dengan melihat bagian belakang casingnya terdapat spesifikasi dari garansi, kode keamanan, replacement.

Dan pada xiaomi yang palsu informasi tersebut akan terlihat blur. Xiaomi yang palsu biasanya juga memiliki ujung bagian kotak yang tumpul dan juga kartu garansi yang tampak murahan.

5. Dengan Factory Reset

Bisa jadi saat membeli hp xiaomi Mi A1 ternyata isinya adalah redmi 1s. hal tersebut biasanya dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab demi meraih keuntungan. Dengan memanipulasi angka di aplikasi benchmark atau yang lainnya.

Untuk mengetahui hal tersebut bisa dilakukan dengan cara factory reset, agar aplikasi yang terinstal terhapus. Lalu setelah sudah, install aplikasi seperti Antutu, CPU-Z, dan sensor Box.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut bisa mengecek apakah sesuai atau tidak spesifikasi yang ada dengan yang tertulis.

Tips : Belilah hp Xiaomi asli yang bergransi asli dari TAM dan bukan dari distributor untuk mendapatkan garansi resmi. Selain itu garansi resmi telah dirakit di indonesia, jadi kalian juga ikut andil membantu para pekerja yang merakitnya di indonesia.

Baca juga :

Ada banyak cara cek hp xiaomi asli ataukah palsu. Seperti dengan melihat baterai hp tersebut. Atau bisa juga dengan mengecek hasil foto dari kamera.