Cara Melegakan RAM Android Tanpa Root untuk Menambah Kecepatan

AndroidGaul.info – Untuk menambah kecepatan atau performa Android kita harus melegakan RAM, dimana ini sangat penting sekali agar proses multitasking berjalan lancar.

Cara Melegakan RAM Android Tanpa Root

Apa itu RAM? Banyak yang salah sangka bahwa ram adalah penyimpanan memori untuk menyimpan aplikasi yang ada di hp. Padahal itu salah, RAM adalah singkatan dari Random Access Memory.

Cara Kerja RAM

RAM berfungsi sebagai memori acak dimana setiap anda menjalankan aplikasi di hp android maka proses ini akan memakan ram pada ponsel anda, jika misalnya RAM yang ada adalah 2GB dan anda menjalankan aplikasi facebook yang membutuhkan ram 100 MB, maka sisa ram anda adalah 2000 MB dikurangi 100 MB sama dengan 1900 MB.

Jika anda menambahnya lagi seperti membuka aplikasi secara bersamaan (multitasking) misalnya WA, FB, BBM, Instagram, Youtube dan lainnya maka ram akan cepat penuh dan habis jika dijalankan semuanya.

Namun RAM akan kembali normal tersisa 2GB jika anda menutup semua aplikasi tersebut ataupun melakukan reboot pada perangkat anda.

Bagaimana Cara Menambah RAM?

RAM berbeda dengan penyimpanan eksternal seperti SD Card dan flashdisk, jadi RAM pada ponsel mutlak tidak bisa ditambah. Yang bisa kita lakukan hanya memaksimlakan penggunaannya dan melakukan swap ram.

NB : Kecuali pada perangkat PC, anda bahkan bisa menambahnya hingga 32 Gb lebih.

Baik kita langsung saja simak beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan untuk melegakan ram di Android.

Cara Melegakan RAM Android Tanpa Root

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Terlalu banyak aplikasi yang tidak perlu dapat menyebabkan RAM cepat penuh meskipun aplikasi tersebut tidak dijalankan. Hal ini karena pada beberapa aplikasi yang memiliki sistem autostart yang artinya dia akan berjalan secara otomatis di latar belakang sistem.

2. Sisakan Memori Ponsel

Saat memainkan game atau menjalankan aplikasi terkadang mereka membutuhkan akses memori internal yang cukup banyak, jika tidak maka aplikasi tersebut akan membuat ram anda cepat penuh.

Sisakan Memori Ponsel

Kami sarankan untuk menyisakan paling tidak 15% dari total memori ponsel anda. Misalnya total memori 32 GB, sisakan 4 sampai 5 GB agar ponsel tetap dapat berjalan dengan lancar.

3. Gunakanan Aplikasi Penambah RAM

Jangan salah tanggap dulu ya, meski kebanyakan aplikasi bernama penambah ram, bukan berarti aplikasi tersebut bisa menambah ram sungguhan.

Cara kerjanya adalah mengoptimalkan ram dengan menutup aplikasi yang tidak diperlukan seperti saat bermain game (ram booster). Anda bisa menggunakan aplikasi greenify dan game booster untuk maksimalkan saat bermain game.

Hal ini akan sangat terasa saat anda menggunakannya pada Android dengan RAM 1GB.

4. Matikan Mulai Otomatis

Matikan Mulai Otomatis

Pada tips pertama sudah kami singgung soal autostart atau mulai otomatis. Lihat aplikasi apa saja yang mulai otomatis saat ponsel mulai dihidupkan, lalu matikan aplikasi yang tidak diperlukan.

5. Sering Periksa dan Hapus Cache

Sering Periksa dan Hapus Cache

Sekali lagi kami tekankan bahwa anda harus rutin memerika cache yang ada di smartphone. Karena ini adalah salah satu cara melegakan ram yang cukup ampuh, paling tidak cek seminggu sekali lalu hapus menggunakan aplikasi bawaan ponsel atau seperti clean master.

Kesimpulan

Silahkan anda sesuaikan kapasitas RAM dengan penggunaan aplikasi yang ada, artinya jika dirasa RAM terlalu kecil silahkan jalankan aplikasi seperlunya saja secara satu persatu dan jangan menjalankannya dalam waktu bersamaan.

Cek Ram Xiaomi

Begitulah beberapa cara melegakan ram yang bisa anda coba terapkan. Untuk memenuhi kebutuhan multitasking yang lancar di tahun 2019 ini, kami sarankan untuk menggunakan smartphone dengan minimal ram 2GB agar proses menjalankan aplikasi berjalan lancar.