5 Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Minta Diformat atau Tidak Terbaca

AndroidGaul.info – Kartu memori adalah salah satu benda yang dibutuhkan bagi pengguna gadget terutama smartphone. Benda ini tetap saja dibutuhkan meski semakin hari kapasitas memori internal smartphone sudah terbilang besar.

5 Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Minta Diformat  atau Tidak Terbaca

Biasanya hal ini karena kartu memori digunakan sebagai backup data. Sayangnya benda mungil ini rawan rusak. Ada beberapa cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat.

Kartu memori yang rusak biasanya ditandai dengan data yang ada di dalamnya tidak terbaca. Selain itu kartu memori terus menerus minta diformat.

Hal seperti ini pasti sangat mengganggu mengingat data yang ada di dalam kartu memori terancam hilang dan tidak bisa dikembalikan. Agar hal demikian tidak terjadi cobalah beberapa trik cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat berikut :

1. Bersihkan Bagian Kartu Memori

Hal pertama yang bisa diupayakan agar kartu memori bisa berjalan normal kembali tanpa harus memformatnya adalah dengan membersihkan bagian kuning yang ada pada badan kartu memori.

Hal ini kemungkinan besar memori yang tidak terbaca oleh smartphone Android disebabkan karena tembaga atau kuningan yang sudah pudar atau menghitam karena sudah lama atau sering dilepas.

Gunakan penghapus pensil saat membersihkan bagian kuning pada kartu memori. Caranya, pertama matikan smartphone lalu lepas kartu memori.

Jangan lupa siapkan penghapus pensil dan gosok bagian kuningan tembaga memori dengan penghapus pensil sampai terlihat kuning keeamasan lagi.

Jika sudah, pasang kembali kartu memori ke dalam slot memori dan hidupkan smartphone Jika selesai, coba periksa kembali apakah memori tersebut sudah bisa terbaca dan bisa menampilkan file yang disimpan sebelumnya.

2. Gunakan PC

Cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat adalah dengan menggunakan bantuan PC.

  • Caranya yaitu dengan menghubungkan terlebih dahulu kartu memori yang rusak ke komputer/laptop dengan card reader
  • Setelah itu pada nama microSD Sobat klik kanan > Properties > pilih Tools > Check Now > berikan centang pada “Automatically Fix File System Errors” lalu “Scan for and Attempt Recovery of Bad Sector” > start.
  • Dengan cara ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki flashdisk yang rusak.

3. Backup File Pada PC

Trik selanjutnya adalah dengan cara mengamankan isi didalam kartu memori dan menformatnya dari PC.

Caranya,

  • Siapkan Card Reader Micro SD dan pasang Kartu Memori ke dalam Card Reader lalu Masukkan ke Usb PC.
  • Tunggu sampai PC mendeteksi kartu memori. Jika sudah terdeteksi, maka pindahkan atau Copy semua file memori ke Hard Disk PC.
  • Jika sudah, lepas kartu memori dan pasang ke dalam slot memori smartphone.
  • Setelah itu, format kartu memori, jika berhasil maka matikan kembali Smartphone dan lepas memori lalu pasang kembali ke dalam Card Reader.
  • Masukkan lagi pada Usb PC lalu copy atau pindahkan file backupan ke kartu memori.

4. Gunakan Aplikasi Pada Smartphone

Cara yang keempat adalah dengan menggunakan aplikasi partition tools untuk me-repair atau memperbaiki kartu sd yang error dan tidak terbaca sama sekali. Tool aplikasi ini bisa dipasang dan diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Tool ini berfungsi sebagai pemindah kesalahan bat sector / disk error yang sering terjadi pada penyimpanan eksternal (MicroSD) seperti foto, video, mp3 dan file jenis ekstensi lainnya.

Caranya: Buka Aplikasi -> Pilih menu Tools tengah -> Atur partition. Pilih dan centang Swap part Memori sebagai fat32 1069 mb atau Sesuai selera. Klik repair dan tunggu sampai proses berjalan hingga muncul notifikasi Success.

5. Gunakan Software

Jika semua cara memperbaiki kartu memori tidak terbaca atau minta format di atas tidak berhasil, dapat menggunakan software “EaseUS Data Recovery”.

Software ini sangat berguna untuk memindahkan semua data-data yang terdapat pada kartu memory (microSD) yang rusak kemudian dipindahkan ke komputer atau laptop.

Apabila kartu microSD yang rusak sudah terdeteksi, maka Sobat klik “start”. Pada saat semua file sudah muncul, tinggal pilih data atau file-file tersebut kemudian klik “recover” dan simpanlah ke directory yang dinginkan.

Baca juga :

Setelah semua file/data berpindah, format kartu memori yang terus menerus minta diformat tersebut dan jangan lupa untuk memindahkan kembali data-data ke kartu memori.