Bagaimana Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Tanpa Diformat?

AndroidGaul.info – Kartu memori atau yang biasa disebut sd card adalah tempat penyimpanan dimana kita bisa menaruh file digital seperti foto, video, aplikasi dan file berharga lainnya. Kartu SD memiliki variasi berdasarkan ukuran dan juga kualitasnya. Umumnya berukuran mulai dari 1gb, 2gb, 4gb, 8gb, 16gb, 32gb, 64gb hingga 128gb.

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Tanpa Diformat

Umumnya yang kita kenal kartu sd dapat digunakan untuk smartphone. Padahal tempat penyimpanan tersebut juga bisa digunakan untuk alat elektronik lainnya seperti kamera digital, handycam dan masih banyak lagi perangkat digital lainnya.

Tetapi taukah anda bahwa kebanyakan kartu sd juga bisa rusak? Seperti misalnya saat dipindahkan ke hp lain tiba-tiba dia minta format? Padahal sudah di eject dengan baik atau dikeluarkan dari perangkat sebelumnya dengan baik.

Namun tenang saja karena kami disini akan memberikan tips bagi kalian yaitu cara memperbaiki kartu sd yang rusak tanpa diformat.

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Tanpa Diformat

1. Periksa Bad Sector pada Kartu SD

Cara pertama anda bisa mengecek apakah kartu sd mengalami bad sector atau tidak? Bad sector disini biasanya dialamai oleh tempat penyimpanan komputer atau yang biasa disebut dengan hardisk (HDD).

Untuk mengeceknya anda bisa menggunakan Laptop / PC dengan cara menyediakan card reader lalu colokkan kartu Sd ke card reader tersebut. Klik kanan pada Kartu SD yang sudah masuk, lalu pilih Properties > Tools lalu pilih Check pada bagian Error checking.

Periksa Bad Sector pada Kartu SD

2. Scan Kartu SD dengan Antivirus

Cara kedua anda bisa melakukan scanning pada memori card untuk menghilangkan virus yang menyebabkan rusak. Sebab virus juga bisa menjadi penyebab kartu sd rusak akibat gonta-ganti handphone atau karena terinfeksi dari perangkat lain saat melakukan transfer file.

Gunakan antivirus gratisan seperti smadav, avira, avast, norton dan masih banyak lagi. Ini hanya berlaku bagi kartu sd yang bisa ditancapkan ke pc namun tidak bisa dibaca.

3. Bersihkan Kartu Memori

Hal yang bisa anda coba untuk memperbaiki kartu sd yang rusak juga bisa dengan cara membersihkan bagian bawah kartu memori untuk memastikan tidak ada kuningan yang kotor.

Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan penghapus putih yang biasa digunakan anak TK. Silahkan bersihkan bagian tersebut hingga benar-benar tidak ada noda yang menempel.

4. Repair Kartu SD dengan CMD di Windows (Command Prompt)

Cara lainnya untuk memperbaiki kartu sd yang rusak tanpa diformat bisa dengan menggunakan beberapa perintah dengan CMD di windows.

Silahkan buka CMD di Laptop / PC anda menggunakan perintah tombol Windows + R lalu ketik cmd. Atau bisa juga lewat pencarian pada windows dan ketikkan CMD.

Pada tampilan CMD tersebut, ketik perintah “chkdsk lokasipartisikartusd: /f” tanpa tanda kutip.

Nah, misalnya kartu memori yang saya masukkan ke laptop terbaca pada lokasi F, maka perintahnya adalah seperti berikut ini

chkdsk f: /f selanjutnya tekan ENTER

Repair Kartu SD dengan CMD di Windows

Setelah itu akan muncul tulisan “Windows has scanned the file system and found no problems:” yang menandakan kartu sd anda telah berhasil diperbaiki.

5. Format Kartu SD

Lah katanya tanpa format, gimana sih min? Memang benar saya sebutkan cara perbaiki kartu sd rusak tanpa format. Namun ini adalah jalan terakhir dimana merupakan solusi terakhir yang bisa kita coba.

Kalau masalah data, kita masih bisa selamatkan dengan cara recovery walaupun memang tidak semua data terjamin akan kembali 100%. Coba pikir lagi deh, ketimbang kehilangan data dan kartu sd, lebih baik kehilangan data tapi kartu sd bisa digunakan lagi bukan?

Aplikasi Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak atau Tidak Terbaca

Yang ini sebagai bonus informasi kepada pengguna, alternatif bagi anda yang tidak memiliki laptop atau PC dirumah, bisa gunakan apk repair memori yang satu ini.

Ada satu aplikasi android yang bisa anda coba untuk memperbaiki kartu memori yang rusak dan tidak terbaca yaitu dengan Android Partition Tool. Aplikasi ini gratis dan bisa anda unduh di Google secara bebas.

Penyebab Kartu SD Rusak

Dibawah ini adalah beberapa penyebab yang sering menyebabkan kartu sd rusak, dan pastikan anda menghindarinya dikemudian hari.

Memori Berpindah-Pindah Perangkat

Hal ini yang sering saya temukan pada teman-teman saya saat mengeluhkan kartu memorinya rusak dan yang saya tanyakan pertama kali memang mereka sering memindah kartu memori yang digunakan ke hp lain.

Ini adalah pengalaman saya sendiri dan sering terjadi dimana saat berpindah ke perangkat lain tiba-tiba memori tersebut rusak atau minta format ulang.

Asumsi saya sendiri, mungkin suatu memori yang telah digunakan pada perangkat sudah kompatibel dengan struktur memori tersebut sehingga saat dipindah ke hp lain maka struktur tersebut akan rusak dan meminta untuk di susun ulang (format kartu sd).

Kualitas Kartu Memori Jelek

Kalau bicara masalah kualitas mungkin kalian langsung akan berpikir merk. Ya memang betul, kadang beberapa merk sd card apalagi yang tidak populer memiliki kualitas dibawa rata-rata yang hasilnya memori cepat rusak.

Namun ternyata ada beberapa juga meskipun merk sudah terkenal seperti samsung ada yang rusak juga. Namun kami menganjurkan untuk membeli kartu sd yang sudah terbukti awet seperti vgen, samsung, adata dan jenis lainnya yang cukup populer.

Mengeluarkan Kartu SD Saat Smartphone Hidup

Pengguna awam sering melakukan pencopotan memori secara langsung tanpa mematikan smartphonenya terlebih dahulu. Padahal ini sangat penting terhadap kesehatan kartu memori yang mereka gunakan.

Alangkah baiknya silahkan matikan dulu smartphone saat ingin mengeluarkan memori. Atau jika memang terburu-buru, silahkan keluarkan lewat Setelan > Penyimpanan > Hapus kartu SD. Dan silahkan keluarkan kartu sd anda.

Cara ini sama dengan saat kita mengeluarkan flashdisk pada PC dengan cara eject.

Baca juga :

Nah sekarang sudah taukan apa saja penyebab kartu sd rusak? Dan bagaimana cara memperbaikinya tanpa diformat? Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan selamat mempraktekkan, semoga berhasil.