5 Cara Mengatasi Baterai Tanam Yang Kembung Bocor dan Drop

AndroidGaul.info – Hampir setiap smartphone keluaran terbaru dilengkapi dengan baterai Non-removable atau yang lebih dikenal sebagai baterai tanam. Kekurangan dari baterai tanam ini, ialah jika rusak proses penggantiannya cukup ribet, karena selain harus membeli baterai baru, Anda pun juga harus mencari spare part dalaman yang sesuai agar baterai tidak mudah lepas.

Baterai Tanam

Proses pemasangannya pun juga harus dikerjakan oleh ahlinya. Seperti baterai yang lain, baterai tanam juga bisa kembung, tapi selama ada ke 5 cara mengatasi baterai tanam yang kembung ini, maka permasalahan Anda akan dapat diatasi dengan segera.

Apa sih yang membuat baterai tanam menjadi melembung?

Penyebabnya muncul akibat perlakuan pemakaian yang tidak benar, seperti smartphone digunakan saat ngecas, bergonta-ganti charger, smartphone sering terjatuh, dan bisa juga disebabkan karena terlalu lama mengecas atau melebihi batas waktu.

Supaya bisa terhindar dari permasalahan baterai tanam yang kembung, tentu saja yang menjadi langkah terbaik, bisa dilakukan dengan menghindari beberapa penyebabnya.

Sebab, seperti apa cara pemakaian dan perawatan Anda terhadap baterai Hp, itulah yang nantinya akan dijadikan sebagai penentu akhir, seperti apa kondisi baterainya nanti. Apakah masih dalam keadaan baik ataukah malah menjadi kembung?

Cara Mengatasi Baterai Tanam Melembung

Cara mengatasi baterai tanam melembung atau kembung, berbeda dengan cara mengatasi baterai tanam yang bocor dan baterai tanam yang drop.

Seperti apa cara yang tepat untuk mengatasinya? Berikut ini adalah 5 cara mengatasi baterai tanam yang kembung :

1. Menekan Baterai

Buka casing smartphone hingga terlihat baterai tanam yang kembung. Lalu, tusuklah secara perlahan pada salah satu bagian sisinya dengan menggunakan jarum.

Usahakan Anda menusuknya hingga menembus cover beterai dan tambahkan tekanan untuk benar-benar menusukkannya hingga ke bagian dalam baterai.

Tekan area baterai yang kembung perlahan-lahan dengan menggunakan jari tengah. Tekan secara perlahan, hingga ukurannya mengempis seperti semula.

2. Perawatan Baterai

Walaupun langkah pertama tersebut dapat digunakan untuk mengatasi baterai yang kembung, namun bukan berarti Hp baterai Anda dalam keadaan normal kembali, sehingga selalu rawatlah dengan baik, yakni selalu mengisi baterai sebelum habis.

3. Hindari Cas Desktop / Cas Kodok

Apabila baterai Hp tidak bisa dicas, sebaiknya jangan mengchasnya menggunakan desktop ataupun cas kodok. Sebab cara ini dapat membuat baterai memiliki teganggan yang berlebihan.

cas desktop

Belum lagi kita tidak tau apakah arus yang dihasilkan cas kodok sesuai dengan standar baterai atau tidak. Dan menurut pengamatan admin, cas kodok bisa membuat baterai cepat kembung lantaran waktu lama cas yang dihasilkan.

4. Jangan Taruh Didalam Kulkas

Lantas, bagaimana cara mengatasi baterai yang tidak bisa dichas? Apa harus dibekukan dan dimasukkan ke dalam kulkas?

Baterai dalam kulkas

Sebaiknya jangan, karena hal tersebut hanya berfungsi untuk mendinginkan baterai yang panas, sementara suhu dingin justru dapat merusak komponen di dalam baterai.

5. Ganti Baterai

Jika memang tidak bisa dicas, maka akan lebih baik Anda membeli dan mengganti baterai baru. Sebab, apabila baterai yang kembung dan rusak tetap digunakan, maka akan merusak kondisi Hp Anda.

Baik Hp non-removable, maupun baterai removable sama-sama memiliki resiko kembung. Jadi, untuk mengantisipasinya Anda harus menggunakannya dengan bijak dan dengan sebaik mungkin.

Namun, jika sudah terlanjur kembung, mungkin ke 5 cara mengatasi baterai tanam yang kembung di atas dapat dijadikan tips terbaik untuk memperbaikinya.

Setinggi apapun kualitas Hp atau smartphone yang Anda miliki, tetapi jika tidak dirawat dan digunakan dengan baik, maka lama-kelamaan kinerja hingga fungsinya akan mengalami penurunan. Tanpa disadari, penurunan kinerja tersebutlah yang akan berujung pada kerusakan.

Baca juga : Hemat Daya Baterai Hingga 2 Hari Dengan 10 Aplikasi Ini

Daripada harus mengeluarkan biaya lebih hanya untuk servis Hp dan mengganti baterai, maka dari sekarang Anda harus belajar dari pengalaman, agar tidak sembrono ketika mengecas / mengisi baterai Hp.