8 Cara Mengatasi Hp Baterai Tanam Kemasukan Air Agar Tidak Mati Total

AndroidGaul.info – Hp konslet terkena air? Memasuki tahun 2019, semakin banyak ditemukan Hp yang menggunakan baterai tanam atau Non-removeable. Hp baterai tanam bukanlah tipe Hp yang mudah di buka chasing belakangnya.

Cara Mengatasi Hp Baterai Tanam Kemasukan Air

Beberapa hal bisa terjadi pada Hp seperti hang atau masuk air yang sepertinya akan mudah pada Hp biasa. Lalu, bagaimana cara mengatasi Hp baterai tanam yang kemasukan air?

Lakukan 8 Hal Ini Untuk Mengatasi Hp Baterai Tanam Terkena Air

Orang akan panik jika Hp baterai tanam yang dimilikinya masuk air, karena seperti yang sudah dijelaskan bahwa baterai tanam akan sulit di atasi. Namun, tidak perlu khawatir. Berikut adalah cara yang dapat digunakan, di antaranya :

1. Mematikan Atau Menonaktifkan HP

Hal pertama yang dapat dilakukan ketika hp baterai tanam terkena air adalah mematikan atau menon-aktifkan hp sesegera mungkin. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya korsleting pada hp yang tentunya dapat menyebabkan kerusakan yang disebabkan oleh air.

2. Membuka Seluruh Penutup

Langkah kedua yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi hp baterai tanam masuk adalah membuka chasing belakang HP jika memang bisa dibuka.

Namun jika tidak, bisa dengan membuka seluruh penutup yang terdapat pada HP seperti dudukan SIM, penutup port charger dan headset, dan keluarkan memory card jika ada.

Ada banyak tutorial cara membuka casing hp di YouTube.

3. Mengkibas-Kibaskan Hp

Cara mengatasi hp baterai tanam masuk air selanjutnya adalah dengan mengkibas-kibaskannya. Hal ini bertujuan agar air yang ada di dalam bisa segera keluar dan mempercepat proses pengeringan air dalam Hp.

4. Mengeringkan Hp Dengan Silica Gel

Cara yang ketiga adalah dengan cara mengeringkan air yang masuk ke dalam bagian hp. Karena benda elektronik sangat rentan rusak jika terkena air, oleh karena itu penting untuk segera mengeringkan hp.

Mengeringkan Hp Dengan Silica Gel

Caranya adalah dengan menyimpan hp bersamaan dengan silica gel yang berfungsi menyerap lembab dan air di dalam hp.

5. Menimbun Hp Dalam Beras

Cara mengatasi hp baterai tanam masuk air yang ke empat adalah menimbunnya dalam beras. Beras dipercaya memiliki suhu panas sehingga sering dimanfaatkan untuk mempercepat pematangan buah.

Menimbun Hp Dalam Beras

Oleh sebab itu, suhu panas dalam beras dapat dimanfaatkan untuk mengeringkan hp.

6. Jangan Mengeringkan Hp dengan Hair Dryer atau Dijemur

Untuk mengeringkan Hp, salah satunya dengan menggunakan hair dryer. Hair dryer diyakini bisa mengeringkan sesuatu dengan cepat, namun hal itu justru dapat merusak komponen yang ada di dalam hp.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin menghindari penggunaan hair dryer atau menjemur hp di bawah terik matahari yang justru akan membuat hp menguap dan menghasil banyak titik-titik air.

7. Membersihkan Mesin Hp dengan thinner

Salah satu cara mengatasi hp baterai tanam masuk air adalah dengan membersihkan mesinnya dengan thinner. Hp yang terkena air bisa menyebabkan korosi yang dapat menurunkan performa hp.

Cara membersihkannya adalah dengan cara mengaplikasikan thinner pada mesin hp untuk membersihkan korosi.

8. Membawa Hp Ke Tempat Service

Jika tiga hal di atas belum bisa menyelesaikan masalah hp baterai tanam masuk air, maka hal terakhir yang dapat dilakukan adalah membawa HP ke tempat service resmi yang sesuai dengan merk hpnya.

Dengan membawa HP ke tempat service resmi sudah pasti HP baterai tanam akan ditangani oleh tenaga ahli dan HP baterai tanam bisa kembali seperti semula.

Baca juga:

Itulah 8 cara mengatasi hp baterai tanam masuk air. Cobalah cara-cara diatas dan semoga cara tersebut dapat membantu. Pastikan juga untuk selalu menjaga Hp agar masalah ini tidak terjadi lagi.