Cara Menggunakan CurrentWidget Battery Monitor untuk Kalibrasi Baterai

AndroidGaul.info – Smartphone adalah sebuah ponsel pintar yang dapat memanjakan penggunanya untuk melakukan aktivitas komunikasi modern sehari-hari seperti chatting whatsapp, facebookan, youtube dan instagram. Namun siapa sangka aktivitas tersebut terbatas dengan kapasitas baterai yang harus di charge saat habis.

Cara Menggunakan CurrentWidget Battery Monitor untuk Kalibrasi Baterai

Baterai pada smartphone memang menjadi masalah utama dalam penggunaannya, apalagi yang kita tau kalau kita sering menggunakan smartphone dalam keadaan di cas maka lambat laun performa baterai akan menurun dan bisa mengakibatkan drop.

Jika sudah di drop biasanya pengguna akan menggantinya dengan yang baru. Namun jangan buru-buru menggantinya dulu, coba cara kalibrasi baterai dengan CurrentWidget Battery Monitor di Android berikut ini yang bisa anda terapkan baik pada baterai removable dan baterai non-removable atau baterai tanam.

Apa itu kalibrasi baterai?

Adalah sebuah cara dimana kita akan membuat daya tahan baterai seperti awal lagi. Meskipun tidak akan kembali 100% seperti saat pertama membeli, namun kalibrasi baerai bisa anda lakukan untuk meningkatkan performa baterai agar kembali awet.

Untuk kalibrasi disini kita akan menggunakan satu aplikasi menarik yang bernama CurrentWidget Battery Monitor yang dapat anda unduh di play store secara gratis.

Cara Kalibrasi Baterai Menggunakan CurrentWidget: Battery Monitor

  • Pertama pastikan anda sudah mengunduh aplikasi CurrentWidget: Battery Monitor.
  • Pasang widget dari aplikasi tersebut di home sceen atau layar utama ponsel anda.
  • Cas hp anda hingga penuh menunjukkan 100%, dan lihat angka pada widget aplikasi tadi pastikan menunjukkan angka optimal yang artinya full.
  • Setelah selesai, cabut kabel charge dan silahkan restart ponsel anda.
  • Selesai di restart ponsel akan hidup kembali, artinya cara kalibrasi dengan CurrentWidget: Battery Monitor sudah berhasil dilakukan.

Selain menggunakan aplikasi, cara kalibrasi baterai hp Android juga bisa dilakukan dengan cara manual. Untuk tutorialnya silahkan simak dibawah ini.

Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual

  • Dalam keadaan hp menyala, silahkan isi baterai hingga penuh menunjukkan angka 100%.
  • Setelah penuh, silahkan tunggu dan diamkan selama kurang lebih 6 menit.
  • Masih dalam keadaan mati dan sudah menunggu sekitar 6 menit, silahkan charge lagi hp anda hingga benar-benar penuh. Untuk memastikan penuh anda bisa lihat indikator yang tampil pada layar hp atau juga bisa melihat indikator lampu pada Xiaomi seperti kalau penuh akan menunjukkan warna hijau atau malah lampunya mati saat penuh.
  • Cabut charge saat penuh, hidupkan hp anda lalu cas satu kali lagi hingga 100%.
  • Sekarang gunakan hp Android anda seperti internetan, main game dan apapun hingga baterai 0% dan hp mati sendiri.
  • Saat baterai habis dan sudah mati sendiri, silahkan diamkan hp anda masih dalam keadaan mati selamat 15 sampai 20 menit (kalian harus sabar menunggu karena langkah ini cukup penting).
  • Nah setelah menunggu lama, silahkan cas hp anda masih dalam keadaan mati dan tunggu hingga full 100%. Jangan nyalakan sebelum penuh!
  • Setelah penuh, silahkan hidupkan hp anda dan gunakan sebagai mana mestinya untuk penggunaan seperti biasa sehari-hari saja.
  • Dan sampai disini proses kalibrasi baterai telah selesai dilakukan.

Tips agar baterai kembali hemat saat selesai dikalibrasi dari kami, pastikan anda tidak menggunakan hp dalam keadaan dicas. Cas baterai jika sudah dibawah 20%, dan diamkan baterai 5 menit saat full. Lakukan tips tersebut saat anda selalu ingin mengisi baterai.

Baca juga :

Dan itulah cara menggunakan CurrentWidget: Battery Monitor untuk kalibrasi baterai di hp Android. Ada pertanyaan? Anda bisa kontak kami untuk menanyakan seputar artikel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.