Cara Mengirim Share it Lewat Bluetooth dan Mengatasi Tidak Bisa Kirim

AndroidGaul.info – Bluetooth adalah sebuah alat dimana kita bertukar file atau istilahnya transfer file dan menerima file dengan cara menghidupkan bluetooth pada dua perangkat. Fitur ini sempat populer dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone untuk saling bertukar aplikasi dan berbagi file media seperti foto, video dan musik.

Namun seiring berjalannya jaman yang semakin canggih, kini telah hadir aplikasi transfer file yang lebih cepat dari Bluetooth yaitu hotspot. Dengan fitur hotspot pada wifi, kita bisa transfer file hingga kecepatan 3MB per detik dan itu merupakan kecepatan yang sangat jauh bila dibandingkan dengan bluetooth.

Cara Mengirim Share it Lewat Bluetooth

Salah satu aplikasi yang memanfaatkan fitur hotspot pada smartphone untuk mengirim dan menerima file adalah Share it. Share it langsung melejit namanya dikalangan pengguna smartphone karena bisa berbagi file dengan mudah hanya dengan beberapa klik saja.

Semua jenis file bisa dikirim menggunakan share it seperti video, aplikasi dan game, musik dan file dokumen. Ini bisa jadi alternatif bagi hp yang tidak bisa mengirim dengan bluetooth.

Share it dapat di unduh secara gratis di play store, namun bagi kamu yang tidak memiliki paket internet juga bisa meminta kepada teman dengan cara invite di share it menggunakan bluetooth.

Cara Mengirim Aplikasi Share it Lewat Bluetooth

Hal pertama pastikan kalian telah mengupdate aplikasi share it yang dimiliki teman agar memudahkan tutorial ini, tidak di update juga tidak apa-apa asal kalian paham.

Masuk ke aplikasi share it, lalu pilih Invite

Ada dua opsi disini yaitu Bluetooth dan Hotspot, silahkan pilih Bluetooth

Konfirmasi untuk mengaktifkan Bluetooth dengan tekan OK, dan aktifkan juga bluetooth di hp yang ingin menerima share it

Ijinkan share itu untuk menghidupkan bluetooth dengan menekan Allow

Pilih bluetooth penerima, dan terima jika ada notifikasi pengiriman file di hp yang dikirimkan share it

Tunggu hingga proses pengiriman selesai, dan jika sudah selesai anda bisa langsung menginstalnya.

Biasanya file yang diterima bernama base.apk atau shareit.apk, karena disini berbentuk apk jadi pastikan kalian sudah mengaktifkan fitur Sumber tak dikenal atau unknown sources pada ponsel kalian.

Berbagi Bluetooth: File File tidak diketahui tidak terkirim

Pada beberapa perangkat mungkin akan muncul peringatan tidak bisa mengirim file seperti pada screenshot dibawah ini.

Hal ini biasanya terjadi pada hp Android berbeda merk. Seperti contohnya pada Xiaomi ingin mengirim ke Oppo atau ke Samsung, terkadang muncul peringatan tersebut sehingga menyebabkan file gagal dikirim.

Karena perbedaan perangkat dan juga sistem yang dijalankan pada kedua merk smartphone, maka inilah yang mungkin menyebabkan hal itu gagal.

Solusinya, kalian bisa mencoba untuk melakukan penyandingan atau pairing antar kedua perangkat terlebih dahulu sebelum mengirimkannya lewat share it.

Cara menyandingkan atau pairing bluetooth bisa dengan cara menghidupkan bluetooth pada kedua perangkat dan pastikan bluetooth sudah di setting untuk terlihat oleh perangkat lain, lalu cari bluetooth yang ingin di sandingkan dan nanti akan muncul kode sebagai verifikasi perangkat.

Atau jika tidak ingin ribet, kalian tinggal cari teman yang punya smartphone merk yang sama dengan punya kalian seperti samsung ke samsung, xiaomi ke xiaomi dan oppo ke oppo. Berbeda tipe tidak masalah, karena kebanyakan masih bisa.

Baca juga :

Cara mengirim share it lewat bluetooth ini kami persembahkan untuk pengguna awam yang belum tau cara melakukan invite di share it. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil.