Cara Swap SD Card dan Memori Internal untuk Menambah RAM Android

AndroidGaul.info – Sepertinya memori atau RAM merupakan faktor penting bagi kebanyakan pengguna smartphone khususnya Android. Mereka beranggapan bahwa kapasitas RAM yang besar akan mampu menjalankan aplikasi apa saja dan memainkan game-game berat.

Cara Swap SD Card dan Memori Internal untuk Menambah RAM Android

Walaupun sebagian besar memang begitu, namun tidak sepenuhnya hal itu benar. Peran RAM disini hanya sebagai wadah untuk memproses aplikasi yang berjalan saja, jadi ibarat meja makanan dia menampung makanan yang disajikan oleh ibu untuk kita makan.

Yang memproses sebenarnya adalah CPU dan untuk render adalah GPU (biasanya komponen ini akan bekerja keras saat kita memainkan game). Akan tetapi pada kebanyakan kasus memang RAM menjadi memori yang paling boros digunakan.

Hal itu disebabkan karena RAM juga digunakan oleh aplikasi sistem yang umumnya akan terpakai sekitar 50% saat smartphone mulai beraktivitas. Contoh, apabila anda memiliki ponsel dengan RAM 1GB, maka yang digunakan oleh aplikasi latar belakang adalah 500MB dan yang bisa kita gunakan untuk aplikasi lain adalah separuhnya.

Maka dari itu kita akan mencoba untuk menambah kapasitas ram Android dengan cara melakukan swap memori internal dan juga sd card.

Cara Menambah RAM dengan Memori Internal

Sebenarnya bukan arti menambah ram disini tidak bisa diartikan secara nyata, hanya saja maksudnya disini dia melakukan swap (googling pengertian lengkap tentang swap) dimana ram akan menggunakan sebagian memori internal untuk membantunya.

RAM Manager Pro
  • Pertama silahkan download Ram Manager Pro tersedia versi gratis dan berbayar yang bisa kamu dapatkan di Play Store
  • Install seperti biasa lalu jalankan RAM Manager Pro di Android
  • Centang pada bagian Set on boot
  • Pilih Swap file pada aplikasi maksimal adalah virtual 256 MB
  • Tunggu hingga beberapa menit, selanjutnya anda bisa cek lewat file manager apakah sudah ada file swap? Jika iya, berarti proses swap memori berhasil
  • Silahkan reboot perangkat anda dan rasakan perbedaannya

Ada banyak sekali aplikasi penambah memori ram di Android. Dan bagi kalian yang ingin memperbesar penyimpanan internal hp Android kalian, bisa dengan menggunakan => 6 Aplikasi Android Untuk Menambah Memori Internal dan Melegakan RAM.

Cara Menambah RAM dengan Memori Eksternal / SD Card

Yang kedua adalah memanfaatkan Kartu SD sebagai swap file untuk memberikan ruang lebih kepada ram sekaligus meringankan kerjanya saat digunakan.

  • Pada cara ini Android kamu diwajibkan sudah root untuk menjalankan aplikasi yang bernama Swapper.
  • Kamu dapat mengunduhnya secara gratis di play store dan jalankan aplikasi swapper.
  • Pilih Buat Swap
  • Akan muncul keterangan “Memori swap telah dibuat!” klik saja OK
  • Tunggu proses pembuatan Swap Memori, proses ini mungkin akan memakan waktu beberapa menit.

Setelah selesai silahkan restart perangkat anda dan rasakan perbedaannya saat hp belum swap dan sesudahnya.

Pada beberapa ponsel Android memang tidak menggunakan sd card karena penyimpanan lokal yang dimiliki sudah besar. Maka dari itu kami sarankan kalian menggunakan cara pertama yang bisa dilakukan tanpa root.

Apalagi memang sudah terbukti bahwa performa memori internal lebih bagus daripada sd card. Sehingga banyak vendor ponsel seperti Xiaomi menyarankan agar menginstal aplikasi di memori internal agar mendapatkan performa yang lebih baik.

Tips Optimasi Penggunaan RAM Android

Jika kalian memiliki ponsel dengan ram kecil atau hp yang sudah jadul dan sudah mulai lemot saat menjalankan aplikasi kekinian terbaru. Kami sarankan gunakan aplikasi versi lite seperti YouTube Go, FB Lite, Line Lite dan aplikasi yang mengandung kata lite dan GO di akhir namanya.

Baca juga:

Demikianlah mengenai cara menambah ram Android dengan memori internal dan sd card dengan cara swap memori. Semoga bisa membantu khususnya untuk pengguna Android RAM 1Gb dan 512 MB. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!