Wajib Anda Tahu, Apa Fungsi Pembaruan Sistem pada Android?

AndroidGaul.info – Orang-orang seringkali mengabaikan fungsi pembaruan sistem pada Android. Banyak orang menilai bahwa hal tersebut tidak terlalu penting untuk dilakukan. Padahal, banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh para pengguna dengan memperbarui sistem Android.

Ibaratkan saja sistem pada Android adalah sebuah sepatu, tentu di setiap tahunnya sepatu tersebut harus diperbarui karena kaki pengguna yang semakin besar.

Fungsi Pembaruan Sistem pada Android

Sama halnya dengan sistem pada Android, dengan semakin besarnya penggunaan sistem tersebut, tentu sistem yang digunakan harus diperbarui agar kinerja Android tetap stabil.

Lalu, apa yang akan terjadi jika tidak diperbarui? Tentu saja sistem bisa mengalami kerusakan karena mengikuti perintah tanpa adanya pembaruan yang membuat sistem tersebut tetap prima dalam menerima perintah.

Fungsi Pembaruan Sistem pada Android

Bagi orang awam yang belum mengetahui fungsi serta manfaat dari memperbarui sistem pada Android, berikut ini akan dijelaskan beberapa diantara fungsi dan manfaat tersebut agar kinerja smartphone yang dimiliki tetap stabil dan prima :

1. Memperbaiki Kekurangan dari Sistem Sebelumnya

Dengan memperbarui sistem yang ada pada Android, maka kekurangan pada sistem sebelumnya akan ikut diperbaiki. Pembaruan sistem umumnya dibagi menjadi dua, yakni Update Operating System dan Update Security Patch.

Biasanya, update yang wajib dilakukan dan ditawarkan oleh Android adalah Update Operating System. Dengan melakukan update pada sistem, maka versi sistem dari Android tersebut akan berubah menjadi yang terbaru dan lebih baik kinerjanya.

2. Kinerja Sistem Lebih Stabil

Penggunaan sistem yang terlalu besar harus diimbangi dengan versi sistem yang lebih baik. Dengan memperbarui sistem Android, maka versi terbaru dari sistem akan mengimbangi penggunaan smartphone, sehingga kinerja sistem pada smartphone menjadi lebih stabil daripada menggunakan sistem sebelumnya.

3. Menghilangkan Virus

Virus yang terdapat pada smartphone umumnya akan membuat smartphone mengalami kerusakan. Untuk meminimalisir hal tersebut Android menawarkan pembaruan sistem untuk menghilangkan virus yang bersarang pada smartphone. Dengan begitu kinerja sistem pada smartphone akan terjaga dari berbagai virus.

Baca juga: 6 Cara Menghapus Virus Trojan dan Malware di Android Otomatis

4. Daya Baterai Pada Smartphone Lebih Hemat

Pihak Android telah membuktikan diri bahwa dengan memperbarui sistem yang ada pada smartphone maka konsumsi dari daya baterai akan semakin berkurang. Hal tersebut dapat terjadi karena semakin tinggi versi dari sistem yang diupdate maka semakin baik pula kinerja dari sistem tersebut.

Kinerja dari sistem versi terbaru inilah yang kemudian meminimalisir penggunaan daya baterai agar tidak cepat boros pada saat digunakan. Tentu saja fungsi yang satu ini akan membantu para pengguna smartphone yang memiliki kebiasaan boros baterai pada saat memainkannya.

5. Menjaga Keamanan Sistem

Sistem yang memiliki keamanan rendah dapat dengan mudah dibobol dan di salah pergunakan. Oleh sebab itu, pembaruan sistem pada Android akan membantu meningkatkan keamanan sehingga sistem pada smartphone tidak mudah dihack atau dibajak.

Bahaya Tidak Melakukan Pembaruan Sistem pada Android

Sebenarnya, apabila pengguna smartphone tidak melakukan pembaruan sistem, maka hal tersebut tidak akan mengganggu kinerja dari sistem. Sebab, seluruh smartphone pada mulanya telah diberikan sistem default dengan berbagai serangkaian tes yang telah dilakukan di pabrik smartphone tersebut.

Namun, alangkah lebih baik apabila sistem selalu diperbarui agar smartphone memiliki kinerja yang lebih baik dan tidak mudah terserang virus.

Baca juga:

Itulah beberapa fungsi pembaruan sistem pada Android serta bahaya apabila tidak melakukannya. Semoga pembahasan mengenai berbagai fungsi tersebut dapat menyadarkan para pengguna smartphone mengenai betapa pentingnya memperbarui sistem pada Android.