Hp Lemot Padahal Aplikasi Sedikit? Begini 7 Cara Ampuh Mengatasinya

AndroidGaul.info – Hp lemot padahal aplikasi sedikit? Secanggih-canggihnya perangkat Handphone yang dimiliki, pasti suatu saat akan mengalami penurunan fungsi hingga akan mengalami masalah, salah satunya adalah kinerja Hp yang tiba-tiba menjadi lambat atau lemot. Tapi, kondisi seperti apa yang Anda alami, apakah Hp lemot padahal aplikasi sedikit? Begini 7 cara mengatasinya.

Namun, sebelum dijelaskan mengenai cara mengatasinya, akan lebih baik jika Anda mengetahui apa saja yang menyebabkan Hp menjadi lemot, padahal isi aplikasi di dalamnya hanyalah sedikit.

Penyebab Hp Lemot

Jika Hp menjadi lemot, maka permasalahan ini ada sangkut pautnya dengan faktor performa. Sebab, Hp yang lemot disebabkan karena adanya kemampuan performanya yang menurun dan itu tergantung Anda seperti apa cara menggunakannya selama ini. Buruknya penggunaan bisa mengakibatkan terjadinya penurunan performa.

Android Lemot

Oleh karena itu, coba cek lagi berapa kapasitas memori aplikasi-aplikasi yang terdapat di dalam Hp Anda. Walau jumlah aplikasinya hanyalah sedikit, tetapi jika membutuhkan kapasitas memori yang besar, tentu hal ini akan membebani RAM, sehingga Hp Anda pun menjadi lemot.

Kemungkinan lain yang bisa membuat Hp menjadi lemot, adalah Hp yang terserang virus. Pasalnya, virus akan merusak beberapa komponen yang terdapat di dalam Hp, akibatnya dapat terjadi penurunan kinerja hingga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan apabila tidak segera diatasi.

7 Cara Mengatasi Hp Android yang Lemot

Apabila saat ini Anda merasa Hp lemot padahal aplikasi sedikit. Begini 7 cara mengatasinya. Yuk simak tuntas info lengkap berikut ini :

1. Batasilah Widget Pada Home Screen

Widget home screen Android

Untuk membuat kinerja Hp menjadi stabil kembali, maka batasi dan kurangilah penggunaan widget di homscreen / layar depan. Walau memperindah homepage dengan berbagai aplikasi adalah hal yang menyenangkan, namun apa untungnya jika itu justru dapat membuat kinerja Hp menjadi lemot? Untuk itu, batasilah keberadaan widget pada homescreen Hp Anda.

2. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting

Uninstall Aplikasi

Jika memiliki banyak aplikasi, maka akan lebih baik Anda harus memilih-milih lagi, mana aplikasi yang dirasa bersifat penting dan mana yang tidak. Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi, karena itu akan berpengaruh pada kinerja Hp yang menjadi lamban alias lemot. Apabila terdapat beberapa aplikasi yang kegunaannya sama saja, akan lebih baik diuninstal dan gunakan salah satu saja.

3. Lakukan Update Sistem Operasi

Update Sistem Operasi

Bisa saja kan, Hp yang lemot disebabkan karena Anda tidak pernah upadate sistem operasi Hp terbaru. Menggunakan OS yang usang, justru dapat menjadikan HP memiliki kinerja yang terbebani. Jadi ketika ada notifikasi untuk melakukan update sistem operasi, maka segera penuhi permintaan tersebut.

Ketika Anda rajin melakukan update OS, maka beban Hp pun menjadi berkurang. Untuk mengetahui apakah Hp Anda memiliki OS dengan update terbaru atau belum, maka bukalah menu setting > about > sistem update > lalu pilihlah check for updates.

4. Tutup Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

Tutup Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

Anda sering memakai beberapa aplikasi dan lupa menutupnya? Sebaiknya ubah kebiasaan tersebut, karena berbagai macam aplikasi yang digunakan secara bersamaan dapat memakan kapasitas RAM, sehingga kinerja Hp menjadi melambat. Oleh karena itu, tutup kembali beberapa aplikasi yang memang sudah tidak digunakan lagi.

Baca juga : Cara Melegakan RAM Android Tanpa Root

5. Jangan Lupa Membersihkan Cache Data

Bersihkan Cache

Cache merupakan ruang penyimpan data sementara yang sebelumnya pernah dipergunakan. Dengan adanya cache data, Anda akan menjadi lebih mudah untuk menggunakan aplikasi yang sebelumnya telah digunakan dengan lebih cepat.

Akan tetapi, cache yang terlalu banyak bisa menyebakan hp lemot. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan cache data dari beberapa aplikasi.

6. Gunakan Hanya 1 Aplikasi Antivirus

AntiVirus

Untuk meningkatkan sistem keamanan pada Hp, penting untuk menginstal dan menggunakan aplikasi antivirus. Namun, sebaiknya gunakan 1 aplikasi antivirus saja dengan fungsi yang lebih optimal. Sebab, memakai beberapa antivirus dapat membuat Hp menjadi lemot karena kapasitas ROM menjadi terbebani.

7. Restart / Reboot Hp

Restart / Reboot Hp

Apabila Hp sudah terlanjur lemot dan tiba-tiba mengalami lag atau berhenti dengan sendirinya, maka cara terbaik untuk mengatasinya, yakni dengan melakukan restart Hp. Sebab, dengan melakukan restart beberapa aplikasi yang tadinya masih digunakan dapat berhenti dengan sendiri.

Baca juga : 5 Aplikasi Anti Lag Mobile Legends Agar Main Makin Lancar dan MVP!

Punya Hp Lemot padahal aplikasi sedikit? Nah, ke 7 cara tersebut dapat dicoba untuk mengatasi permasalahan yang Anda hadapi. Semoga setelah diterapkannya cara tersebut, Hp Anda dapat terbebas dari permasalahan kinerja yang lemot.